Profil Tim Piala Dunia 2018: Mesir

Piala Dunia 2018 akan menjadi pargelaran internasional ketiga kalinya bagi Mesir. Sebelum pargelaran ini, Mesir sudah pernah tampil pada tahun 1934 dan 1990. Mesir memastikan diri sebagai tim asal Afrika kedua yang mendapat tiket ke Rusia.

Jika membedah perjalanan mereka, terdapat catatan bahwa Mesir mengalami beberapa periode buruk. Parahnya, Mesir sampai tidak lolos ke pentas Piala Afrika dari tahun 2012 hingga 2015. Menariknya, ajang tersebut adalah ajang yang sempat didominasi oleh mereka.

Mesir bisa dikatakan sebagai salah satu tim terbaik Afrika, hal ini terbukti dengan catatan menjadi juara sebanyak tujuh kali di Piala Afrika. Sejauh ini, belum ada tim lain yang mampu menggeser catatan mereka.

Kini musim telah berubah, Mesir berhasil membuktikan diri sebagai tim yang mampu mempertahankan nama besarnya dengan sukses lolos ke Piala Dunia 2018. Tergabung di babak penyisihan zona CAF grup E, Mesir satu grup bersama Uganda, Ghana dan Kongo. The Pharaohs bisa lolos dengan hanya menelan sekali kekalahan dari enam pertandingan.

Mohamed Salah menjadi salah satu bintang lapangan Mesir, dimana bintang Liverpool ini adalah ujung tombak skuat Mesir. Meski berposisi sebagai winger, dia adalah mesin gol bagi The Pharaoh. Dengan total lima gol yang dibuat oleh Salah, maka itu artinya 71 persen gol The Pharaoh dihasilkan olehnya.

Kiprah Salah di Piala Dunia nanti akan sangat dinantikan banyak orang, banyak yang memprediksikan jika Salah akan menjadi Pemain Terbaik Piala Dunia 2018. Apalagi namanya kian dikenal setelah meraih banyak kesuksesan di Liverpool baik ajang lokal maupun interlokal.

Selama di Piala Dunia 2018 nanti, Mesir akan dilatih oleh Hector Cuper. Mantan pelatih Valencia dan Inter Milan ini ditunjuk jadi pelatih timnas Mesir pada Maret 2015. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Mesir menuju ke babak final Piala Afrika 2017.

Kini sang pelatih sudah merilis skuad resmi Timnas Mesir yang akan berlaga di Piala Dunia 2018, berikut data lengkapnya dibawah ini:

Mesir Piala Dunia

Penjaga Gawang: Essam El-Hadary, Ahmed El-Shenawy, Mohamed Awad.

Bek: Ahmed Hegazi, Ahmed Fathy, Mohamed Abdel-Shafy, Omar Gaber, Ahmed Elmohamady, Ali Gabr, Saad Samir, Ayman Ashraf.

Gelandang: Ramadan Sobhi, Mohamed Elneny, Abdallah Said, Amr Warda, Sam Morsy, Tarek Hamed, Kahraba, Moamen Zakaria, Shikabala, Hossam Ashour.

Penyerang: Kouka, Mohamed Salah, Marwan Mohsen.

Jadwal Mesir di Grup A Piala Dunia 2018:

15/06/2018 Mesir vs Uruguay
19/06/2018 Rusia vs Mesir
25/06/2018 Arab Saudi vs Mesir